Tutorial Menambah FPS (Frame Per Second) Game dengan Mudah pada PC

01.16

Saat ini bermain game menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Tidak hanya sebagai hobi, bermain game juga terbukti bisa menghilangkan stres. Kenyamanan dan kesenangan menjadi kunci utama ketika bermain game. Di dalam dunia game dikenalFPS (Frame Per Second). FPS bisa dibilang merupakan tolok ukur kenyamanan bermain game, karena semakin tinggi FPS yang didapat maka semakin lancar pula game yang dimainkan.
Rata-rata FPS yang bisa dibilang nyaman adalah 30-60 FPS. Untuk mendapat FPS yang tinggi tentunya membutuhkan permintaan hardware yang tinggi. Nah, di sini Jaka bagikan cara meningkatkan FPS meskipun di PC/laptop jadul sekalipun.

Cara Menambah FPS (Frame Per Second) Saat Main Game di PC

1. Update Driver VGA

Cara pertama untuk menambah FPS game PC adalah dengan update VGA. Hal yang satu ini cukup penting karena VGA merupakan salah satu hardware yang berpengaruh dalam bermain game selain prosesor. Jadi, pastikan PC/laptop sudah terinstal driver VGA terbaru. Jika ingin mengetahuinya, kamu bisa cek lewat Device Manager lalu Display Adapters.
Saat ini ada dua perusahaan raksasa dalam urusan VGA Gaming yaitu AMD dan juga Nvidia. Jika kamu inginupdate VGA, bisa langsung melalui website resmi mereka, untuk AMD bisa lewat AMD Drivers Update dan Nvidia bisa melalui Nvidia Drivers Update. Nah, kalau PC/laptop masih menggunakan VGA Intel Onboard bisa dicek melaui Intel Driver Support. Namun jika PC/laptop kamu masih menggunakan VGA Onboard, Jaka sarankan untuk membeli yang PC/laptop baru karena saat ini banyak game yang tidak support VGA Onboard.

2. Tweaking Windows

Tips kedua dalam menambah FPS game PC ialah Tweaking Windows. Tweaking Windows bisa dibilang merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi lag atau cara ini terbilang paling favorit untukmenambah fps. Selain untuk menambah kenyamanan dalam bermain game, tweaking juga bisa untuk mengurangi lemot pada PC/laptop. Berikut ini beberapa tweaking yang Jaka sarankan agar bermain game lebih lancar dan nyaman.

Menghilangkan Efek-Efek Animasi pada Windows

  • Langkah pertama, buka System Properties, lalu ke tab Advance dan pilih Performance.
  • Lalu menuju Tab Visual Effect dan Adjust for Best Performance. Setelah itu klik Apply.

Setting Jumlah Core pada Prosesor

  • Win+R lalu ketikkan msconfig, setelah itu akan muncul System Configuration.
  • Lalu ke tab Boot dan pilih Advanced Options.
  • Selanjutnya di Number of Processors beri centang dan pilih sesuai jumlah total core prosesor kamu. Jika memiliki 4 core maka pilih angka 4. Jika sudah klik Apply lakukan Restart pada PC/laptop kamu.

3. Menggunakan D3DOverrider

D3DOverrider merupakan software yang cukup ampuh untuk menambah FPS. Software ini menggunakan sistemTriple Buffering. Apa itu Triple Buffering? Saat kita bermain game atau melakukan rendering pastinya memerlukan yang namanya buffer. Nah, buffer ini berfungsi untuk menampung data sementara di dalam VRAM sebelum ditampilkan ke monitor.
Dengan adanya buffer, otomatis kinerja laptop dalam bermain game akan semakin bertambah. Maka dari itu Triple Buffering sangat dibutuhkan jika tiba-tiba game lag di tengah permainan. Selain itu Triple Buffering juga terbukti ampuh dalam menambah FPS. Untuk melakukan Triple Buffering sangat disarankan menggunakan D3DOverrider. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Buka aplikasi D3DOverrider, lalu klik gambar berbentuk plus seperti gambar di bawah ini.
  • Lalu pilih game yang akan dinaikkan FPS-nya (Misal PES 2016), setelah itu klik open.
  • Yang terakhir setting seperti gambar di bawah ini.

4. Overclock Hardware

Overclock adalah tindakan untuk meningkatkan sebuah komponen clock rate, dalam kata lain menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking biasanya dilakukan untuk CPU atau GPU. Jadi, prosesor yang memiliki kecepatan sebesar 2.5 Ghz bisa ditingkatkan hingga ke 3.0 Ghz.
Overclocking bisa dilakukan lewat BIOS maupun melalui software tambahan. Salah satu software Overclockingadalah Rivatuner, SetFSB dan MSI Afterburner. Namun, proses overclocking ini sangat beresiko karena dapat membuat komponen yang di-overclock cepat panas dan juga cepat rusak. Meskipun begitu banyak orang yang rela melakukan overclocking demi mendapat FPS yang nyaman.
Itu tadi beberapa cara untuk menambah FPS (Frame Per Second) dalam bermain game. Selain cara di atas, kemampuan hardware yang kamu miliki juga pasti sangat berpengaruh dalam bermain game. Jika kamu punya saran atau pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar ya. Semoga Bermanfaat!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Populer Minggu Ini