Cara Mengatasi Tidak Bisa Connect ke Internet Setelah Install Ulang Pada Laptop

18.30


                

             Saat laptop kita terjadi masalah yang menyebabkan kita harus install ulang, maka mau tidak mau kita harus menginstall kembali sistem operasi yang kita miliki, namun saat kita telah selesai melakukan penginstalan ulang maka kita akan kehilangan banyak data khususnya di Local Disk (C:) atau aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah terpasang tetapi setelah kita install ulang semua aplikasinya hilang. Semua itu adalah resiko yang kita hadapi saat menginstall ulang laptop kita, tetapi masalah terbesarnya adalah banyak program yang tidak berfungsi seperti Wifi ataupun LAN / Ethernet dan menyebabkan laptop kita tidak bisa connect ke internet maupun berhubungan dengan laptop lain, karena saat selesai install ulang banyak driver yang perlu diinstal kembali agar dapat berrfungsi kembai seperti driver Wifi.


Baca Juga : Cara Mengetahui Password Wifi yang Tersimpan Di Android

            Masalah tidak bisa connect ke internet karena wifi tidak bisa digunakan begitupun dengan LAN tentu akan sangat merepotkan bagi kita yang biasanya menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-hari, maka dari itu kali ini saya akan memberi tahu cara yang efektif untuk mengatasi masalah yang diatas. Dan disini saya akan memberikan dua cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah ini.
Cara yang pertama :

      1.       Siapkan DVD yang kita dapatkan saat membeli laptop.
      2.       Masukkan DVD tersebut ke dalam laptop kita.
      3.       Install semua aplikasi / driver yang ada.
      4.       Restart laptop
      5.       Selesai.

Untuk mengecek apakah driver untuk wifi sudah terinstall atau belum klik star -> control panel -> view network status and tasks -> change adapter setting -> lalu cek apakah sudah ada ikon bertuliskan wifi atau wireless network connection untuk Wifi dan Local Area Network atau Ethernet untuk kabel LAN, jika ikon Wifi kalian sudah terlihat pada taskbar tetapi masih belum bisa connect ke internet maka kalian bisa cek mode pesawat pada laptop kalian.
Cara yang kedua

Cara yang kedua ini diperuntukkan bagi mereka yang kehilangan maupun tidak deberi DVD saat pembelian laptop atau DVD yang ada tidak mendukung sistem operasi yang baru saja anda install, maka dari itu kita membutuhkan sebuah software untuk memasang driver maupun program yang dibutuhkan. Untuk itu kita membutuhkan sebuah aplikasi bernama Driver Pack atau Driver Booster tapi yang lebih populer dan lebih sering digunakan adalah Driver Pack, sehingga tutorial kali ini akan menggunakan apikasi Driver Pack.

      1.      Download aplkasi Driver Pack terlebih dahulu (gunakan laptop teman jika laptop kamu tidak bisa buat download).
      2.      Kemudiakan pindahkan aplikasi Driver Pack ke laptop kamu dengan menggunakan flashdisk (minimal   flashdisk ukuran 16 gb).
      3.      Kalian bisa menggunakan aplikasi daemon tools untuk menjalankanya atau bisa kalian extract file Driver Pack kemudian klik DriverPack.exe atau setup.exe
      4.      Install semua driver yang ada.
      5.      Restart laptop.
      6.      Selesai.

Kemudian kalian bisa mengecek apakah driver sudah diinstal atau belum dengan cara yang sama diatas. Dan sebelum saya mengakhiri artikel saya yang satu ini saya ingin memberikan saran bahya sebelum kita Instal ulang laptop kita sebaknya kita harus punya aplikasi Driver Pack terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan.

Terima Kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Populer Minggu Ini